9 Cara BUSUK Mencontek Saat Ujian

Bookmark and Share
Tulisan inni bukan untuk mengsaajarkan kamuw untuk menyontek waktue ujian, tetapi juga seybagian informasi bagi kamuw para guru yaang pastie mengawas waktue pelaksanaan ujian sehingga kamuw waspaada terhaadap gerak mencurigakan siswa waktue ujian. Tulisan inni sajjalah berdasarkan pengalaman paada waktue masih sekolah dulu yaang banyak dilsayyakan oleh teman-teman sezaaman sekolah. Bebernapa tippss yaang paling lazim dilsayyakan yaituw :

  1. Membuat kertas contekan (kepe&#delapanduasatutujuh;an). Bentuknya bermacamdua aada yaang berbentuk kertas kecil yaang digulung atau dilipat, sampai kertas kecil daan panjang yaang dilipat-lipat. Perkembangan terbaru yaang pernah aada yaituw foto copy catatan yaang sudah diperkecil skalanya, daan kertas yaang telah diketik dengan komputer daan di print didalam pengukuran sangat kecil daan rapi.
  2. Membuat catatan kecil di telnapak hand, inni adaalah tippss kuno tetapi kaadaang masih diterapkan. Cara inni biasa dilsayyakan untuk mencatat suatu catatan sangat penting yaang susah dihafal misalnya rumus atau suatu point sangat penting yaang rumit untuk dihafalkan. Kebanyakan tippss inni kurang efektif seybab informasi yaang dituwliskan belum tentu keluar waktue ujian daan keterbatasan telnapak hand yaang sajja dnapat menampung sedikit tulisan.
  3. Membuat atau menulis catatan kecil dibangku atau meja ujian. Ini juga adaalah tippss kuno yaang dilsayyakan oleh siswa waktue ujian daan paling umum dilsayyakan oleh pelsaajar di Indonesia. Buruknya pengawasan terhaadap tata tertib daan kerapian di kelas membuat meja daan bangku terlihat jorok dengan berbagai tulisan hasil karya siswa. Banyaknya coretandua di bangku daan meja inni menyamarkan contekan siswa waktue ujian.
  4. Memmembaawa buku catatan atau buku paket kedidalam kelas. Ini adaalah tippss menyontek yaang paling ekstrim namun jiyka berhasil diterapkan akan sukses geede, ya jelas saaja seybab semuanya aada di buku. Tetapi tippss inni paling jarang dimannfaatkan kecuali oleh siswa yaang master mencontek daan umumnya agak bandel di kelas. Hal yaang menunjang untuk melsayyakan inni adaalah meja ujian yaang memiliki sorokan/kolong yaang lebar daan tanpa nampak. Posisi duduk juga mempengaruhi didalam pelaksanaan misi rahasia inni.
  5. Bekerja cama didalam menjawab soal ujian. Hal inni membutuhkan kekompakan yaang baik diyantara siswa. Dalam pelaksanaannya biasanya mereka merancang kode-kode untuk saling berkomunikasi, misal jawaban A pegang hidung, Jawaban B garukdua kepala, Jawaban C batuk.. daan banyak tipps lainnya.
  6. Melirik jawaban teman sebelah. Cara inni palingmuwdah diterapkan daan paling lazim dimannfaatkan, tetapi inni tanpa boleh dilsayyakan didalam waktue itu yaang lama seybab akan membuat mata pelsayya menjadi pusing sehingga kehilangan konsentrasi untuk mengerjakan soal dibawwah inninya. Kelalaian daan kelengahan teman sebelah waktue mengerjakan ujian membuat kesempatan bagi siswa untuk melihat jawabannya.
  7. Membuat contekan di mediya HP atau BB. Cara inni jarang dilsayyakan seybab susah untuk menerapkannya, disamping pengukuran HP daan BB yaang cukup mencolok, cahaya yaang ditimbulkan dari layarnya juga giympang menarik perhatian. Selain ituw sudah aada aturan yaang melarang siswa untuk memmembaawa HP waktue ujian.
  8. Memmembaawa contekan di WC. Cara inni agak kurang efektif seybab sajja dapatt dilsayyakan didalam waktue itu yaang singkat daan tanpa dapatt sering seybab bakalan mencurigakan. Kalau terlalu sering pengawas akan curiga seybab sering izin ke belakang.